ImageCurug Cibeureum ini memiliki ketinggian terjunan air 54 meter dan berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dengan ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut.

Berjarak  +/- 10 km dari pusat kota Sukabumi.  Untuk menuju kawasan wisata Pondok Halimun ini ada dua.  Pertama, dari arah Salabintana, dimana (bila menggunakan kendaraan umum) dari kota Sukabumi naik angkot jurusan Salabintana dengan jarak tempuh sekitar 7 km dengan ongkos berkisar Rp 2000 per orang.  Turun di pemberhentian akhir kawasan wisata Salabintana.  Dari Salabintana lalu berjalan kaki selama satu jam menuju Pondok halimun dengan jarak tempuh sekitar 2 km,  bisa melewati kebun teh “Goalpara” atau Kampung Cipeulang hingga pintu gerbang kawasan.

Sedangkan untuk menuju Taman Nasional itu sendiri harus melewati pintu masuk kawasan wisata Kebun Raya Cibodas. Perjalananan menuju kawasan wisata Cibodas dapat ditempuh dengan mobil dengan kondisi jalan cukup mulus. Jarak ke kawasan ini sekitar 100 km dari Jakarta (sekitar 3 jam perjalanan).

Pintu masuk menuju ke Curug Cibeureum terletak di sebelah utara sekitar 500 m dari pintu masuk utama Kebun Raya Cibodas. Pintu masuk ini juga merupakan jalan masuk menuju pendakian ke Gunung Gede-Pangrango.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke pos kedua yang terletak di dekat Telaga Biru. Telaga ini mempunyai air yang berwarna biru kehijau-hijauan karena di dalam telaga ini terdapat ganggang hidup sehingga membuat nya berwarna biru.

Image

Setelah berjalan sekitar 2 km, perjalanan akan melewati jembatan yang terbuat dari susuan potongan kayu yang rapi di atas Rawa Gayonggong. Gayonggong sendiri itu jenis rumput. Aman untuk dilewati walau ada beberapa kayu yang udah bolong karena rapuh. Track jembatan kayu ini lumayan panjang untuk disebut sekedar jembatan, sampai sedikit berkelok-kelok juga. Di jembatan kayu ini ada tempat istirahat untuk sekedar melepas lelah atau mengabadikan pemandangan. Tetapi harus sangat hati-hati ketika ingin melewati jembata ini, karena selain kayunya yang sudah rapuh, jembatan ini juga jarak kayu yang satu dengan yang lain saling berjauhan. Jadi kita harus perhatikan langkah kita dengan cermat.

Sehabis melewati jembatan ini kita akan menemukan track bebatuan, dan tidak lama akan ditemui pos ketiga yang terletak di sebelah persimpangan (pertigaan) dan dinamakan Panyancangan Kuda. Ada plang penunjuk arah disana, dengan arah ke kiri menuju lokasi air panas, Kandang Badak dan Puncak Gede, sedangkan arah ke kanan ke curug Cibeureum dan puncak Pangrango.

Dari persimpangan tersebut ke arah kanan jalan agak menurun sedikit dan datar. Waktu tempuh menuju curug sekitar seperempat jam lagi dari persimpanan ini.

Biaya tiket masuk ke Curug Cibeureum ini adalah Rp 3500,-/ orang. Biaya ini adalah untuk berkunjung ke Curug Cibeureum atau melakukan pendakian. Sebelumnya di pintu gerbang Kawasan Wisata Kebun Raya Cibodas membayar tiket masuk sebesar 2000,-/ orang dan Rp 5000,- untuk kendaraan roda empat.