Tags

, ,

Wilayah Kabupaten Bandung memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang indah beserta legenda-legenda yang menarik. Salah satunya adalah Kecamatan Ciwidey yang berada di selatan Kabupaten Bandung. Di kawasan ini terdapat objek wisata menarik yaitu Kawah Putih. Kawah Putih ini terletak sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang, menuju Ciwidey. Kawah Putih adalah salah satu obyek wisata di Bandung Selatan.Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C. Konon banyak yang bilang bahwa air atau belerang dari Kawah Putih ini dapat menyembuhkan luka luka luar dan juga penyakit gatal-gatal.

Untuk menuju ke sana, pengunjung dari Jakarta dapat melewati tol Cipularang terus menuju pintu keluar tol Kopo menuju Soreang ke arah selatan ke kota Ciwidey. Sekitar 20 sampai 30 menit dari kota Ciwidey terlihat tanda masuk menuju gerbang masuk objek wisata Kawah Putih yang ada di sebelah kiri jalan. Untuk menuju Kawah Putih dari gerbang masuk kawasan objek wisata Kawah Putih disarankan menggunakan kendaraan, jangan berjalan kaki karena jalan yang agak menanjak dan cukup jauh, yaitu sekitar 5,6 km atau sekitar 10 sampai 15 menit dengan kendaraan. Kendaraan pribadi dapat langung menuju tempat parkir luas yang tersedia tidak jauh dari kawah. Sementara pengunjung dengan rombongan besar yang menggunakan bis, atau transportasi umum dapat menggunakan kendaraan khusus yang ada di areal parkir dekat gerbang masuk untuk mencapai kawah dari pintu masuk. Kondisi jalan yang kecil dan menanjak tidak dapat dilalui oleh kendaraan jenis bis besar maupun sedang.

Transportasi umum menuju Ciwidey dari Bandung dapat ditemui di Terminal Kebun Kalapa maupun Leuwi Panjang. Setelah sampai di Kota Ciwidey maka perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan tujuan Situ Patenggang. Angkutan pedesaan yang menuju Situ Patengan ini melintasi objek-objek wisata yang ada di kawasan Ciwidey yaitu Perkebunan Strawberry, Kawah Putih, Ranca Upas, dan kolam renang air panas Cimanggu. Untuk dapat menjelajahi dan menikmati keindahan alam kawasan Ciwidey dan sekitarnya rasanya tidak cukup hanya satu hari.

Mungkin butuh waktu seminggu untuk menikmati keindahan di tempat wisata bandung yang dekat dengan Kawah Putih. Karena di sini bukan hanya Kawah Putih saja yang menjadi tempat favorit para turis mancanegara maupun turis lokal. Seperti Situ Patenggang, Perkebunan Strawberry, Ranca Upas, serta kolam renang air panas Cimanggu. Perlu diketahui, sebaiknya jangan berlama-lama berada di Kawah Putih. Karena kita akan kekurangan oksigen.

 

Tiket Masuk Kawah Putih
Wisatawan Mancanegara: Rp. 35.000.
Wisatawan Nusantara : Rp. 20.000.
Ontang-anting : Rp. 10.000 PP (5.000 x 2)
Sewa mobil sampai ke atas : Rp. 150.000.
Parkir Bus : Rp. 25.000.