Tags

, ,

Kita harus selalu gemar bersyukur dan bersujud kepada Tuhan dengan sepenuh hati. Keikhlasan dalam berpegah teguh kepada tali agama Tuhan menjadikan kehidupan ringan untuk dilalui. Kita sadar sepenuhnya bahwa cita-cita semua agama mengarah ke suatu keadaan yang menjadikan para pemeluknya bebas dari rasa takut, damai, sejahtera, mampu mengendalikan hawa nafsu, dan memberikan kesempatan kepada akal sehat agar berfungsi dengan jernih tanpa dikotori oleh nafsu serakah dan nafsu hewani. Kita harus yakin sekali bahwa, amal baik yang kta perbuat dalam kehidupan mereka akan kembali kepada kita lagi yang baik, di kehidupan dunia ini maupun di akhirat nanti.

Kita  sadar bahwa hanya ada satu Tuhan di jagat raya ini. Tuhan yang satu itulah yang telah disembah oleh para Rasul terdahulu. Tuhannya bukan hanya disembah oleh para manusia yang hidup di bumi ini saja, tapi juga Tuhan yang disembah oleh para penghuni planet lain yang sangat jauh dari bumi tempat kita tinggal ini.

Para Rasulnya mengajarkan kita cara untuk mengontrol hawa nafsu, sehinggga akal sehat yang jernih mampu lebih berperan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa dikotori oleh hawa nafsu, kehidupan ini dapat dilalui dengan lebih nyaman, kepercayaan antara satu dengan yang lain dapat terjaga dengan baik dan masyarakat dapat berfungsi sebagai satu kesatuan yang setiap bagiannya akan mampu saling memperkuat yang lainnya. Karena para Rasulnyalah yang telah dikirimkan Tuhan kepada kita untuk menuntun dan memperkenalkan cara kehidupan yang terbaik bagi mansuia. Tuhan yang Maha Pencipta segala sesuatu, sehingga Dia sangat segala sesuatu yang sangat diperlukan bagi hambanya yang sholeh. Para Rasulnya yang juga mengajarkan kepada kita agar kita mampu hidup secara bersama-sama sebagai satu kesatuan yang utuh, bermanfaat, dan menguntungkan bagi semua anggotanya.

Kita tidak usah membuang-buang waktu dan tenaganya hanya untuk membahas keberdaan Tuhannya. Kita harus benar-benar menyadari segala keterbatasan akal dan waktu mereka. Pemahaman tentang ketuhanan bukanlah hal yang ringan yang dapat di capai sambil berbincang-bincang dan minum teh bersama, atau harus dibukatikan kebernarannya melalui alat yang paling canggih sekalipun. Intinya, kita sepenuhnya percaya akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa, kita menikmati kehadiran dan keindahan Tuhan dihati mereka, dan kita tidak mempermasalahakannya. Kita gunakan kepercayaan ini untuk menimbulkan harapan dalam kehidupan mereka dan memakai semua nilai moral universal yang ada demi kemaslahatan mereka sendiri.

Sebenarnya ada atau tidak adanya syurga, jangan dijadikan persoalan. Apabila kita berada di tengah-tengah manusia yang berakhlak mulia sudah merupakan syurga tersendiri? Hidup di tengah-tengah manusia yang berakhlak mulia, lapang dada, meudah memaafkan, selalu siap membantu sesama dan selalu bersikap positif dalam kehidupan  pasti segalanya akan menyenangkan dan tampak sangat indah sekali. Kelompok manusia inillah yang menganggap hidup ini adalah sebuah pertaruhan yang bersar, dengan memilih hidup beragama, kita telah menempatkan diri kita pada posisi yang mempunyai peluang untuk menang lebih besar dibandingkan yang lain. Sementara itu, kita tidak kehilangna sesuatu, bahkan kita justru mampu menikmati kehidupan ini secara lebih sempurna dan penuh harapan.

Tujuan semua agama itu sama, yaitu menjadikan akal sehat berfungsi secara baik dengan cara membebaskan manusia dari ketakutan melalui latihan yang konsisten dan teratur. Latihan untuk membina dan meningkatkan kualitas diri mereka dengan cara beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ibadah yang dilakukan dgnan hati-hati dan dihati dengan baik akan menjadikan diri mereka lebih meudah utnuk bersikap jujur, adil, memiliki rasa belas kasih, dan sangat bertanggung jawab. Ibadah yang teratur menjadikan seseorang mampu mengendalikan hawa nafsu hewani dan mampu berfikir secara sehat serta mampu untuk bekrja sama berdasarkan keujuran dan rasa saling percaya. Ibadah yang baik juga akan tercermin dari sikap dan perikalu masyarakatnya dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat yang baik akan menciptakan sistem ekonomi, sistem politik, produk teknologi, dan produk-produk lain yang lebih baik juga.

Bagi kehidupan kita sendiri, yang paling utama adalah seberapa baik akhlak seseorang tersebut dalam pergaulannya sehari-hari. Ibadah yang baik yaitu ibadah yang mampu merubah seseorang menjadi yang lebih baik dari sebelumnya. Ibadah yang baik akan membuat seseorang menjadi lebih cinta kepada keadilan, lebih bersikap peduli dengan yang lain, dan lebih siap untuk bertindak dalam memperbaiki keadaan bila diperlukan.