Raja Ampat yaitu salah satu tempat wisata yang sangat disukai oleh para wisatawan untuk didatangi. Tempat ini sangat mempunyai daya tarik yang luar biasa. Tempat ini bagaikan surga dunia bagi para wisatawan. Apakah anda pernah mengunjunginya? Sangat menyenangkan pastinya. Raja Ampat terletak di provinsi Papua Barat. Tempat ini mempunyai 610 pulau, dari seluruh pulau yang ada di sana hanya 35 pulau yang dihuni. Sisanya, masih kosong tidak ada penghuni bahkan sebagian besar belum mempunyai nama. Beberapa pulau besar yang dihuni adalah pulau Misool, Salawati, Batanta, Waigeo. Ibu kota kabupaten Raja Ampat adalah Waisai.

 

Transportasi utama yang ada di sini menggunakan jalur laut. Jenis transportasi yang tersedia yaitu kapal boats yang berkapasitas 10, 15 dan 30 orang. Waisai dapat dijangkau dengan waktu sekitar 1, 5 hingga 2 jam perjalanan dengan biaya Rp. 2 juta. Biaya ini ditanggung bukan hanya per orang, tetapi ditanggung untuk semua penumpang kapal.


Raja Ampat adalah tujuan wisata yang banyak dikunjungi karena indahan pemandangan bawah lautnya. Para wisatawan yang datang ke Raja Ampat, yaitu para wisatawan yang ingin melakukan diving. Karena di sanalah tempat yang sangat cocok untuk melakukan diving. Untuk berwisata ke Raja Ampat, kita bisa menggunakan jalur udara dari Jakarta. Di sana banyak terdapat penginapan yang siap dihuni oleh kita. Selain itu, akomodasi lain juga tersedia sangat lengkap di sana. Dari mulai makanan, alat menyelam, kapal dan lainnya. Jadi, Raja Ampat memang benar-benar tempat yang strategis untuk melepas kepenatan.


Raja Ampat memiliki paket wisata yang lengkap yang mengedepankan pada aspek keanekaragaman hayati baik di dalam laut maupun di atas laut dengan pemandangan yang begitu memukau. Wilayah ini memiliki keanekaragaman hayati yang terlengkap di dunia.


Lengkapnya keanekaragaman hayati di atas membuat perairan Raja Ampat menjadi ‘surga’ bagi diver ataupun snorkler. Cantiknya warna koral atau terumbu karang di bawah air, bahkan bisa disaksikan dari atas kapal yang melintas di permukaan.


Belum lagi Raja Ampat merupakan wilayah yang menjadi perlintasan ikan paus karena lokasinya yang berada di pinggiran samudra pasifik. Rombongan paus melintas ke sini pada periode Juni-Oktober untuk mencari makan.


Selain itu, Raja Ampat juga memiliki sejumlah spesies bawah laut yang langka di antaranya adalah hiu karpet, dan walking shark, dan masih banyak lainnya.