Tags

, ,

Kebun Binatang Ragunan, yang nama resminya adalah Taman Margasatwa Ragunan, merupakan tempat rekreasi keluarga seluas 147 ha yang berada di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun Binatang Ragunan ini sudah cukup lama berdiri pada tahun 1864 dan memiliki penghuni lebih dari 3.000 ekor satwa dengan lebih dari 50.000 pohon yang memberi kesejukan bagi pengunjung.

Di sana juga terdapat pelestarian primata yang dinamakan Pusat Primata Schmutzer yang merupakan salah satu tempat pelestarian primata terbesar di dunia. Pauline Antoinette Schmutzer-versteegh adalah orang yang merintis dibangunnya fasilitas Kebun Binatang Ragunan ini. Untuk masuk ke Pusat Primata Schmutzer di Kebun Binatang Ragunan kita cukup membayar Rp 6.000/orang untuk hari libur, sedangkan untuk hari libur, menjadi Rp 7.500/orang.

Tempat parkir kendaraan Kebun Binatang Ragunan cukup luas, yang pada hari kerja juga digunakan oleh para pemakai bus TransJakarta karena haltenya berada dalam lingkungan perparkiran Kebun Binatang Ragunan.

Area Kebun Binatang Ragunan yang sangat luas ini sangat baik untuk berwisata sambil berolah raga jalan kaki. Namun Kebun Binatang Ragunan juga menyediakan tempat penyewaan sepeda dan kereta keliling bagi pengunjung yang ingin menghemat waktu dan tenaga.

Karena letaknya di Jakarta yang merupakan jantungnya Indonesia, Kebun Binatang Ragunan ini selalu dipadati oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kemudahan akses jalan dan harga-harga barang, makanan dan minuman, menjadikan sarana wisata ini diminati seluruh lapisan masyrakat.

Banyaknya pepohonan menyebabkan udara di dalam dan di sekeliling Kebun Binatang Ragunan lebih sejuk dibanding iklim rata-rata daerah Jakarta. Selain secara fisik, kandungan partikulat udaranya juga menunjukkan sangat baik dan berada di bawah batas kualitas udara ambien berdasarkan Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 551 tahun 2001.

Nah, untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya, jika hanya sekedar ingin menikmati udara sejuk yang sangat menyegarkan, tak perlu pergi jauh-jauh ke daerah Puncak yang lalu-lintasnya selalu padat merayap dan menghabiskan energi yang banyak di perjalannnya, datang saja ke Kebun Binatang Ragunan. Di sana juga memiliki udara yang segar dan sehat yang akan kita dapatkan, anda bisa bersepeda atau tiduran sepuasnya dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore di atas rumput yang terawat dan bersih dalam kawasan tersebut.

Untuk dapat masuk ke Kebun Binatang Ragunan, kita cukup membayar untuk orang dewasa Rp 4.000/orang, dan anak-anak Rp 3.000/orang sudah termasuk asuransi.
   

Untuk menaiki kuda tunggang kita membayar Rp 5.000, sedangkan untuk menaiki unta tunggang Rp 7.500. Kemudian, untuk manaiki gajah tunggang Rp 7.500 dan wahana anak-anak Rp 2.000.

Kebun Binatang Ragunan buka dari jam 09.00 sampa 18.00.