Taman Bunga Nusantara memiliki beraneka ragam jenis bunga yang indah dan sangat mempesona, mulai dari tanaman yang beriklim tropis sampai yang beriklim dingin, tidak hanya bunga yang berasal dari Indonesia, bunga yang berasal dari seluruh dunia juga teredapat di sini.

Taman Bunga Nusantara terletak di Desa Kawung-luwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas-Cianjur, dengan luas lahan kurang lebih 35 hektar.

Di Taman Binga Nusantara ini juga memiliki keunikan yang cukup menarik, diantaranya:

  • Rumah kaca

Taman Bunga Nusanara memiliki rumah kaca dengan luas 2.200 m2 yang terdiri dari 3000 panel kaca yang menyimpan beraneka macam tanaman.

  • Jam raksasa

Taman Bunga Nusantara memiliki Jam dengan ukuran yang sangat besar. Jam ini sangat menarik perhatian karena selain ukurannya yang sangat besar, jam ini bergerak normal seperti jam pada umumnya.

  • Taman Labirin

Taman yang terdiri dari tanaman pagar yang disusun seperti petak umpat. Ketika anda masuk ke taman labirin, anda akan dibuat bingung dengan banyaknya jalan dan rute yang ada di dalamnya.

Taman Bunga Nusantara terdapat menara yang cukup tinggi. Apabila anda menaikinya, maka anda akan terkesan dengan keindahan Taman Bunga Nusantara karena seluruh area  seluas 35 hektar ini akan terlihat dengan jelas.

  • Kolam Teratai

Bagi penyuka teratai, jangan khawatir. Di Taman Bunga Nusantara terdapat area yang khusus ditanami tumbuhan teratai.

  • Bunga satwa raksasa

   

Taman Bunga Nusantara anda akan menemukan banyak bunga yang dibentuk seperti binatang. Hal ini sangat menarik perhatian karena ukurannya yang sangat besar dengan tinggi hampir 30 meter.

Salain keunikan-keunikan yang dapat anda temui di Taman Bunga Nusantara ini, taman ini juga memiliki fasilitas yang cukup menarik:

  • Taman air, taman mawar, taman Perancis, taman rahasia, taman bali, taman mediterania, taman palem, dan taman gaya jepang, rumah kaca, danau angsa, rafflesia mini theater, gazebo, alam imajinasi, lokasi piknik, panggung terapung, kereta datto, mobil wira-wiri, menara pandang, poliklinik, nany’s galleria.
  • Taman ini menyediakan kereta Datto, mobil wira-wiri untuk mengelilingi area seluas 35 hektar.
  • Tersedia sound yang sangat banyak, sebagai pemandu anda ketika mengelilingi setiap wilayah di Taman Bunga Nusantara.
  • Di taman ini juga menyediakan tempat makan bagi para pengunjung yang ingin menikmati makanan khas sunda maupun makan yang lainnya.

Untuk menuju ke Taman Bunga Nusantara, ditempuh dari Jakarta lebih kurang 2 sampai 3 jam. Melalui jalan raya puncak, sampai melewati puncak pass, dan belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga. Dari persimpangan ini jaraknya hanya 9 km.

Untuk masuk ke Taman Bunga Nusantar, kita hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000,-/org untuk wisatawan lokal, dan $2,5/org untuk wisatawan mancanegara.