Tags

, , , , , , ,

gunung papandayan

pndayanGunung Papandayan adalah gunung  berapi yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara dariii Kota Bandung. Sebagai satu-satunya gunung berapi di Garut, Papandayan memiliki jalur pendakian yang istimewa. Selama dalam perjalanan pendakian menuju puncak gunung, kita disuguhkan oleh pemandangan yang sangat mempesona dan memanjakan mata. Gunung ini tidak hanya memberikan keindahan untuk penglihatan kita, tetapi juga penuh sensasi panas dingin, udara khas pegunungan dengan kawah aktif dan batu belerang yang bertebaran.

Di sana juga terdapat tempat perkemahan, yang terdapat di kawah baru Papandayan, tempat ini adalah tempat favorit para pendaki di Papandayan bernama yang bernama Pondok Salada. Untuk menuju ke Pondok Salada, kita hanya perlu waktu tempuh paling lama 4 jam. Dalam perjalanan menuju Pondok Salada, kita harus memanjakan mata kita untuk melihat-lihat hamparan luas hutan dan kawah belerang yang ada di sana.

bunga 280px-Indonesia_-_papandayan_4

Di Pondok Salada juga terdapat bunga edelweiss yang cantik yang akan menyapa Anda dengan keindahan dan penuh rasa syukur dengan apa yang diberikan oleh penguasa alam semeta. Para pendaki biasanya akan menghabiskan malam mereka untuk beristirahat, membuat api unggun, mengobrol, memasak, berfoto-foto, bahkan untuk saling mengunjungi tenda satu sama lain dan berkenalan.

Suhu di tempat perkemahan ini sangat dingin dan serasa menusuk tulang kita, apalagi pada saat sekitar jam 03:00. Pada saat itu terasa sangat luar biasa dingin sekali, sampai-sampai tidak tahan dengan suhu yang sangat menusuk tulang dan mungkin membuat kita terbangun dari tidur yang nyenyak.

Dari situlah ciri khas dari gunung Papandayan. Perpaduan sensasi dingin yang menusuk tulang di malam hari dan panas terik matahari ketika kita melewati area kawah belerang.

Tetapi petualangan terus berlanjut dan belum berakhir. Kita bisa melihat lebih banyak edelweiss jika mendaki lagi menuju Tegal Alun. Di sana terdapat padang edelweiss yang sangat luas. Ditambah lagi waktu perjalanan turun gunung, kita harus melewati hutan mati akibat letusan gunung Gunung Papandayan.

Bagi para pendaki, tempat ini sangatlah cocok untuk melakukan pendakian dan memanjakan mata dengan keindahan yang sangat luar biasa. Bukan hanya memanjakan mata, tetapi kita juga dapat mengadu adrenalin kita terhadap sensasi dingin yang menusuk tulang.