Tags

IMG_0592   IMG_0688

Pulau Harapan adalah salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu. Pulau Harapan terkenal dengan keindahan pemandangannya yang dapat memanjakan mata kita dengan pemandangan ikan-ikan dan kapal-kapal kecil yang berada di Dermaga pelabuhan. Pulau ini berada di paling Selatan diantara pulau-pulau yang berada di Pulau Seribu. Sehingga jika kita berangkat dari pelabuhan Muara Angke, untuk sampai ke Pulau ini kita memerlukan waktu kurang lebih 3 jam.

Pada saat liburan kemarin, saya dan teman-teman memilih untuk liburan ke Pulau Harapan. Awalnya kami tidak ada rencana untuk ke Pulau Harapan, akan tetapi ada salah satu dari teman kami yang mengusulkan untuk liburan ke Pantai tetapi yang tempatnya tidak jauh dari Jakarta. Dan akhirna kami pun memutuskan untuk liburan ke Pulau Harapan selama 2 hari 1 malam.

Perjalanan ini dimulai tanpa ada persiapan apapun, hanya membawa perlengkapan untuk menginap saja, kami pergi ke Pulau Harapan tidak memakai Agen Travel. Kami mulai berangkat dari rumah sekitar jam 5 subuh, setelah solat subuh. Karena kami ingin mengejar keberangkatan kapal dari Muara Angke sekita pukul 07.00. Sampai di Muarang Angke kami tiba pukul 06.30, dan kami langsung mencari kapal yang menuju Pulau Harapan, nama kapalnya adalah Raja Mas.

Sekitar pukul 07.15 kami berangkat dari Muara Angke.IMG_0714 Tiket kapal untuk sekali perjalanan ke Pulau Harapan sebesar Rp 40.000,-. Untuk yang suka mabuk laut sebaiknya jangan duduk di dalam kapal, karena kapalnya sangat padat penumpang sehingga jika berada di dalam kapal kemungkinan tidak mendapat sirkulasi udara yang baik. Sekitar pukul 11.00, kami pun tiba di Pulau Harapan. Sesampainya di Pulau Harapan, kami langsung mencari penginapan, karena sebelumnya kami belum booking untuk penginapannya. Awalnya kami tidak ingin menginap di penginapan, karena kami membawa tenda untuk kami dirikan di pinggiran pantai.

IMG_0268Akhirnya kami pun mendapatkan penginapan yang menghadap langsung ke pantai. Kami beruntung karena mendapatkan penginapan yang sesuai dengan keinginan kami. Nama penginapannya adalah Home Stay Pak Salim, harga yang ditawarkannya juga masih dapat terjangkau untuk kalangan pelajar. Setelah sampai di penginapan, kami langsung ditawarkan untuk berjalan-jalan keliling Pulau dan melakukan snorkeling dengan memakai kapal kecil. Harga untuk penyewaan kapal berserta alat snorkeling juga tidak terlalu mahal sekitar Rp 350.00,- untuk kapalnya dan Rp 35.000,- untuk alat snorkelingnya.

IMG_20140524_142317           IMG_20140524_143426

Pulau Harapan adalah tempat yang sangat tepat untuk menghabiskan liburan dengan keluarga atau dengan teman-teman yang kita sayangi. Bagi yang tinggal di Jakarta, Pulau Harapan merupakan alternatif yang tepat untuk berlibur, karena letaknya yang cukup dekat dengan Jakarta, sehingga kita tidak perlu untuk berlama-lama di dalam kendaraan pribadi dan bertemu dengan kemacetan.